Cara Menggunakan Mesin Cutting Sticker

Pengoperasian mesin cutting sticker sebenarnya cukup gampang. Ada beberapa step urutan pengoperasian mesin cutting sticker, yaitu persiapan, pembuatan desain, pemasangan sticker ke dalam mesin cutting sticker, mencetak gambar dan finishing.

Dalam setiap urutan/fase ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Sebelum mulai melakukan pemotongan,usaha mesin sudah terhubung arus listrik dan dalam keadaan ON.

Melakukan penyetealn bahan sticker dan mengatur sedemikian rupa sehingga sticker tampak lurus. Jika sticker belum lurus, STOP JALAKAN MESIN. Hal ini akan berakibat jelek pada mesin khususnya pada pola yang dihasilkan. Jangan lupa, setel Force dan Speed mesin.

Kalau semua sudah selesai sekarang Kita tinggal mejalankan mesin cutting sticker.

Cara Merawat Mesin Cutting Sticker

Agar mesin cutting sticker bisa bertahan lama, sangat penting untuk memberikan perawatan yang tepat, terlebih untuk merk-merk China seperti Jinka, Redsail dan Teneth. Mesin dari ketiga merk tersebut memang membutuhkan perawatan ekstra.

Ini dikarenakan mesin-mesin asal China memang dikenal sangat sensitif. Karena itu Anda harus tahu bagaimana cara merawat mesin cutting sticker. Setidaknya, mesin harus dibersihkan secara rutin dengan kain lap dan bersihkan motor dengan cairan pembersih.

Gunakan stabilizer dan UPS untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti listrik yang tidak stabil dan mati listrik. Hindari juga setting pressure yang terlalu tinggi. Dengan cara ini, Anda bisa memperpanjang masa pakai mesin cutting sticker.

Perawatan mesin cutting sticker idealnya dilakukan sejak Anda membeli mesin tersebut. Sebagai sebuah investasi, tentu penting untuk menjaganya agar tetap beroperasi dengan baik. Semakin lama mesin tersebut dapat bertahan, semakin banyak keuntungan yang bisa diperoleh.

Hal ini berlaku untuk semua merk mesin bahkan untuk merk mesin yang terkenal akan kualitasnya seperti Rolland, Graphtec, Jaguar dan Cameo. Dan yang terakhir, pastikan untuk menggunakan mesin sesuai dengan buku petunjuk, khususnya untuk merk China.

Mesin produksi China dikenal sangat sensitif. Untuk itu, jangan pernah menggunakan mesin-mesin tersebut secara sembarangan. Namun Anda tidak perlu khawatir. Semua mesin cutting sticker yang ada di lapakrazi.com dilindungi garansi.

Cara Kerja Mesin Cutting Sticker

Pada dasarnya mesin cutting sticker bekerja seperti mesin plotter. Hanya saja, mesin ini bekerja dengan teknologi yang lebih canggih. Secara sekilas, teknologi yang digunakan mirip dengan printer. Mesin ini bahkan juga dilengkapi dengan cardtridge.

Hanya saja berbeda dengan printer biasa, cartridge pada mesin cutting sticker tidak dilengkapi dengan tinta. Cartridge ini berfungsi untuk menggenggam mata pisau pemotong. Karena itulah bagian ini juga biasa disebut knife holder.

Pisau Holder ini nantinya akan berfungsi untuk membuat potongan-potongan sesuai dengan pola yang ditransfer oleh komputer. Untuk mendapatkan potongan yang sesuai dengan desain, knife holder ini akan bergerak ke kiri dan ke kanan mengikuti pola yang telah dibuat.

Karena pisau holder hanya dapat bergerak ke kiri dan ke kanan, mesin cutting sticker juga dilengkapi roll untuk menggerakkan sticker ke atas dan ke bawah mengikuti pola desain.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Mesin Cutting Sticker

Memilih mesin cutting sticker memang gampang-gampang susah. Setidaknya Anda harus tahu beberapa hal sebelum mulai mengambil keputusan.

Ada beberapa pertimbangan dalam memilih mesin cutting sticker. Keempat hal tersebut diantaranya adalah power hasil potongan, speed potongan, daya tekan mesin dan kemudahan software cutting. Anda bisa melihat semua itu di dalam spesifikasi produk.

Jika memungkinkan, Anda bisa menguji keempat aspek tersebut sebelum memutuskan untuk membeli mesin cutting sticker. Dengan kekuatan dan keakuratan potongan yang baik, hasil terbaik bisa diperoleh. Dengan kecepatan tinggi, Anda bisa mendapatkan kecepatan produksi yang sesuai dengan keinginan.

Dengan daya tekan yang besar, mesin dapat memotong bahan yang tebal dan dengan dukungan software cutting, proses produksi bisa berjalan dengan lebih efektif dan mudah. Jika Anda membutuhkan mesin dengan tingkat keakuratan tinggi, mesin cutting sticker asal Jepang seperti Mimaki, Roland dan Graphtec bisa dijadikan pilihan.

Merk-merk tersebut juga terkenal akan kecepatannya. Dari sisi harga, produk-produk tersebut memang relatif mahal. Namun jika Anda menginginkan produk dengan harga yang lebih terjangkau, mesin asal Taiwan dan China seperti Jinka, Redsail, Teneth dan GCC bisa menjadi pilihan yang tepat.

Terakhir, pilihan tentu berada di tangan anda. Sesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda.

Bikin Usaha Apa Dengan Mesin Cutting Sticker ?

Mesin cutting sticker bisa menjadi mesin bisnis yang sangat menjanjikan. Ada banyak peluang bisnis yang bisa diciptakan dari mesin yang satu ini. Salah satu yang paling populer adalah bisnis cutting sticker motor.

Coba bayangkan, ada berapa banyak sepeda motor di Indonesia? Setiap tahunnya, jumlah pengguna motor juga terus tumbuh. Pertumbuhan ini tentu mempengaruhi pertumbuhan bisnis cutting sticker motor.

 

Bisnis cutting sticker mobil juga tidak kalah menguntungkan. Sama halnya dengan sepeda motor, jumlah pengendara mobil di Indonesia juga terus mengalami pertumbuhan. Meski tidak sebanyak motor, margin keuntungan yang dapat diperoleh dari bisnis cutting sticker mobil masih lebih besar dari bisnis cuttin sticker motor.

Selain bisnis yang telah disebutkan di atas, mesin cutting sticker juga bisa dimanfaatkan untuk bisnis percetakan dan bisnis garment. Lantas berapa modal untuk membangun bisnis cutting sticker? Sebenarnya jumlah modal yang diperlukan sangat tergantung dengan bisnis yang digeluti dan skala bisnis yang ingin dibangun.

Namun sebagai gambaran, Anda bisa memulai bisnis ini dengan 1 buah mesin cutting sticker, 1 buah komputer/laptop dan berbagai kebutuhan pendukung. Dengan estimasi ini, setidaknya Anda membutuhkan investasi awal sebesar paling tidak 8 juta-an. Dengan asumsi menggunakan mesin cutting sticker termurah (4.5juta).

Selain usaha bisnis cutting sticker mobil dan motor, Anda juga bisa menggunakan mesin cutting sticker ini untuk usaha sablon kaos, garskin handphone, sablon topi, dan lain sebagainya.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Cutting Sticker

Popularitas bisnis cutting sticker di Indonesia terus bertumbuh. Bisnis ini juga telah terbukti mampu memberikan keuntungan finansial yang cukup menggiurkan. Namun sebelum memulai bisnis cutting sticker, tentu ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Anda perlu tahu tips memulai bisnis cutting sticker.

 

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan diantaranya adalah mesin cutting sticker, komputer, tempat usaha, bahan baku, peralatan penunjang, gerai display dan keterampilan. Yang terakhir, para calon pengusaha cutting sticker juga perlu mengelola keuangan dengan baik.

Satu hal yang sangat vital dalam bisnis cutting sticker adalah mesin cutting sticker itu sendiri. Karena itu pastikan untuk memilih mesin yang berkualitas. Ada beberapa brand yang sudah teruji kualitasnya. Namun jangan lupa untuk mempertimbangkan aspek harga dan kemudahan dalam memperoleh spare partnya.

Komputer yang digunakan hendaknya memiliki spesifikasi standar komputer desain grafis. Tidak perlu terlalu tinggi, Setidaknya, spesifikasinya cukup memadai untuk menjalankan beberapa aplikasi desain grafis seperti Corel Draw dan illustrator.

Untuk tempat usaha, pilihlah tempat yang strategis dan mudah ditemukan. Di lapakrazi.com, Anda bisa menemukan beragam mesin cutting sticker berkualitas dengan harga yang sangat kompetitif.

Pilih Mesin Cutting Sticker Mana yang Terbaik?

Jika berbicara mengenai mesin cutting sticker terbaik secara keseluruhan, jawabannya tentu mesin-mesin produksi Jepang seperti Graphtec, Roland dan Mimaki. Namun kekurangan dari mesin-mesin tersebut terletak pada sisi harga yang relatif mahal.

Jika Anda memiliki budget yang besar, kami menyarankan untuk memilih mesin buatan Jepang. Menurut kami, mesin cutting sticker sama seperti investasi jangka panjang.

Tentunya Anda berharap dapat menggunakan mesin Anda untuk waktu yang lama bukan? Jika demikian, jangan ragu untuk mengeluarkan dana lebih demi mendapatkan pilihan yang lebih baik. Namun jika budget yang anda miliki terbatas, Anda bisa mengambil alternatif mesin Taiwan atau Cina.

Performa dan kualitas mesin cutting sticker dari dua negara tersebut juga tidak begitu mengecewakan. Sekali lagi, Anda tidak perlu takut ataupun ragu dengan produk Taiwan dan China. Mesin cutting sticker tidak bisa disamakan dengan produk kualitas China yang lain.

Bahkan jika dibuat perbandingan, banyak customer kami yang lebih memilih membeli produk China. Ini dikarenakan harganya yang cukup terjangkau dan kualitasnya yang cukup baik.

Mesin Cutting Sticker Berkualitas Jaminan Produktivitas

Kualitas selalu menjadi pertimbangan fundamental dalam memilih mesin cutting sticker. Mesin cutting sticker berkualitas tidak hanya unggul dalam hal daya tahan dan performa namun juga mampu memberikan hasil terbaik.

Dengan kata lain, ini juga akan berpengaruh pada produktivitas dan reputasi bisnis Anda. Setiap produk yang kami jual telah terbukti kualitasnya dan dilindungi oleh layanan purna jual yang baik.

Incoming search terms:

  • pola striping motor gratis
  • cara membuat pola striping motor
  • cara membuat plat motor sendiri
  • download pola striping motor gratis
  • persiapan mengoperasikan mesin cutting stiker
  • cara desain striping motor sendiri
  • cara membuat cutting sticker motor manual
  • cara membuat stiker plat motor
  • cara cuting plat no sendiri
  • harga mesin kating